Sejarah Awal Mula Hari

Hariku Bersama Prelo
Kemaren saya sempat membuat satu artikel tentang Hariku Bersama Prelo nah sekarang saya mau menshare tentang Sejarah Awal Mula Hari.

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa Inggris.
Dalam bahasa Inggris nama hari disebut dengan urutan Sunday,Monday,Tuesday dan seterusnya.Ada pun nama-nama hari ini sebetulnya berasal dari abad ke 1 sebelum masehi tepatnya dari budaya dan kepercayaan masyarakat di masa kerajaan Romawi.

Dan pada masa itu orang-orang percaya jika langit terbagi menjadi 7 lapis setiap lapisan langit ini dijaga oleh para dewa.Ada pun nama-nama hari tersebut sebetulnya merupakan perwujudan dari nama-nama dewa yang ada dalam kepercayaan masyarakat romawi.

Awal Mula Hari.
Saturday berasal dari nama dewa saturnus dewa penjaga langit pertama yang menjaga kelangsungan hidup di bumi. Saturnus juga diwujudkan sebagai salah satu nama planet di tata surya.
Sunday berasal dari nama dewa matahari Sun.
Monday berasal dari nama dewa bulan atau Moon.
Tuesday berasal dari nama dewa mars atau dewa perang nama mars sendiri memiliki nama Anglo saxon Tiw.
Wednesday berasal dari kata Wodens Day atau hari untuk dewa merkurius atau dewa perdagangan Wodens sendiri berasal dari nama Anglo Saxon Prelo dewa perdagangan.
Thursday berasal dari kata Thors Day atau hari untuk dewa Thor atau dewa petir dalam kepercayaan masyarakan Romawi dan Yunani Kuno.
Friday berasal dari kata Freyjas day atau hari untuk Dewi Venus Freyja atau Dewi kecantikan.

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa Arab.
Penyebutan nama hari dalam bahasa Arab disesuaikan dengan urutan hitungannya.
Hari pertama atau wahidun hari kedua atau Isnain hari ketiga atau salasatun hari keempat atau arba atun hari kelima atau khamsatun hari keenam atau Jumuah disesuaikan dengan perintah sholat Jumat hari ketujuh atau sab'atun Hariku Bersama Prelo.

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa Indonesia.
Perdagangan dimasa silam yang terjadi antara masyarakat Melayu dan bangsa Arab telah membuat Indonesia mengadopsi sistem nama hari yang berasal dari zajirah Arab.Namun nama hari tersebut dirubah dan disesuaikan dengan lidah baangsa melayu pada umumnya.Hari pertama wahidun disebut ahad hari kedua isnain disebut senin hari ketiga salasatun disebut selasa hari keempat atau arbaatun disebut rabu hari kelima atau khamsatun disebut khamis atau kamis hari enam atau jummuah disebut Jumat dan hari ketujuh atau sabatun disebut sabtu.

Nah demikianlah Sejarah Awal Hari.

Share this:

Daftar Blog Saya

Popular Posts